Metodik Mengajar Atletik

Pengertian
Mengajar berarti memberikan pelajaran, ialah usaha agar siswa memperoleh pengertian, kecakapan, atau ketangkasan tetang sesuatu yang diajarkan. Mengajar merupakan proses umum yang mencakup semua faktor yang meramgkum seluruh situasi pengajaran termasuk didalamnya: siswa, kegiatannya, guru, azas-azas mengajar, lingkungan mengajar, tujuan yang ingin dicapai, evaluasinya.
Mengajar Atletik, berarti memberikan pelajaran atletik; ialah berusaha agar siswa memperoleh pengertian, kecakapan atau ketangkasan tentang nomor-nomor atletik yang diajarkan.
Metode adalah cara bekerja yang telah dipikirkan dengan seksama sehingga merupakan pola tertentu untuk mencapai suatu tujuan.
Metode mengajar adalah cara mengajar yang sudah merupakan pola tertentu guna mencapai pengajaran.
Metodik mengajar adalah cara khusus dan terperinci yang telah difikirkan dengan seksama sehingga merupakan pola tertentu yang dipergunakan oleh guru dalam membimbing anak mempelajari berbagai nomor atletik.

Tujuan
Pengetahuan tentang metodik mengajar atletik dengan tujuan agar sebagai guru olahraga memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengajarkan berbagai nomor atletik. Sebagai calon guru ia harus memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut :

a. mampu menyajikan dan menyampaikan bahan pengajaran kepada anak didik.
b. Mampau menyusun program interaksi belajar-mengajar dalam pelajaran atletik
c. Mampu memotivasi dan mengarahkan kegiatan anak dalam belajar
d. Mampu memimpin anak baik secara individu maupun kelompok
e. Dapat memilih dan mengembangkan alat-alat pelajaran
f. Mampu mengevaluasi program pengajaran serta hasilnya.

sumber : Atletik untuk SGO, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1979

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>